Sunday, January 27, 2013

HARI INI MILIK SAYA


Jika kita berada di pagi hari, janganlah menunggu sore tiba. Hari inilah yang akan kita jalani, bukan kemarin yang telah berlalu dengan segala kebaikan dan keburukannya, dan juga bukan esok hari yang belum tentu datang. Hari yang saat ini mataharinya menyinari kita dan siangnya menyapa kita inilah hari kita.
Jangan bersedih! Anggap saja diri kita tidak akan hidup kecuali sehari saja, sehingga mengapa kita harus bersedih dan marah pada hari ini?
Ketika pagi tiba, janganlah menunggu sore dan ketika sore tiba, janganlah menunggu datangnya pagi. Artinya, hidup dalam batasan hari ini saja. Jangan mengingat-ingat masa lalu dan jangan pula was-was dengan masa yang akan datang.
Seorang penyair berkata,

Yang lalu telah berlalu dan harapan itu masih gaib
Dan engkau pasti punya waktu dimana engkau harus ada

Menyibukan diri dengan mengingat masa lalu dan meratapi kembali kegetiran-kegetiran hidup yang pernah terjadi dan telah berlalu adalah sebuah ketololan dan kegilaan. Pepatah cina menyebutkan : “Jangan dulu menyebrangi jembatan sebelum anda sampai di jembatan itu.”
So, jangan bersikap berlebihan terhadap kejadian-kejadian yang belum tentu terjadi, sampai kita benar-benar mengalami dan merasanya sendiri. Seorang ulama salaf mengatakan : “Wahai anak Adam, hidupmu itu tiga hari saja. Hari kemarin yang telah berlalu, hari esok yang belum datang dan hari ini dimana anda harus bertawakal kepada Allah!”
Umur kita, mungkin tinggal hari ini. Maka, anggaplah masa hidup kita hanya hari ini atau seakan-akan kita lahir hari ini dan akan mati hari ini juga. Dengan begitu, hidup kita tidak akan tercabik-cabik oleh gumpalan keresahan, kesedihan dan duka masa laludengan bayangan masa depan yang penuh ketidakpastian dan sering kali menakutkan.
Pada hari ini pula, kita curahkan segala perhatian, kepedulian dan kerja keras serta membagi waktu dengan bijak. Jadikan setiap menitnya laksana ribuan tahun dan setiap detiknya laksana ratusan bulan. Tanamkan kebaikan sebanyak-banyaknya pada hari ini.
Jadi, mari kita hidupkan hari ini tampa kesedihan, kegalauan, kemarahan, kedengkian dan kebencian. Lupakan masa lalu yang suram dan jadikan hari ini hari yang paling berharga dalam hidup kita karena HARI INI MILIK SAYA

No comments:

Post a Comment